JEMBATAN TIMBANG SOLAS

JEMBATAN TIMBANG SOLAS

Jembatan timbang adalah seperangkat alat untuk menimbang kendaraan barang atau truk yang dapat dipasang secara tetap atau alat yang dapat dipindah-pindahkan (portable) yang digunakan untuk mengetahui berat kendaraan beserta muatannya digunakan untuk pengawasan jalan ataupun untuk mengukur besarnya muatan pada industri, pelabuhan atau pun pertanian.

ts gewin

Jembatan timbang gewinn memenuhi standar untuk pengukuran berat dalam penimbangan dalam Disiplin perdagangan internasional sekarang ini menggunakan media kontainer bakal diterapkan PT. Terminal Petikemas Surabaya (TPS).

Mulai 1 Juli 2016 perusahaan privatisasi Pelindo III dengan Dubai Port World (DP World) tersebut akan menerapkan regulasi International Maritime Organization (IMO) tentang Safety Of Life At Sea (SOLAS). Bentuknya, memperketat pengawasan terhadap bobot kotor petikemas yang diangkut di atas kapal. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan dan keselamatan jiwa di laut. “Bahwa mulai 1 Juli nanti TPS akan menerapkan SOLAS Regulation. Targetnya mengawasi bobot kotor petikemas yang diangkut kapal,” kata Kepala Humas PT. Terminal Petikemas Surabaya, Moh Sholeh saat buka puasa bersama media di rumah makan Agis Jl. Gayungan Surabaya.

Dijelaskan bahwa regulasi SOLAS dimaksudkan untuk meningkatkan perhatian terhadap keselamatan jiwa di laut. Pihak TPS akan meningkatkan ketelitian setiap petikemas yang masuk di terminal-khususnya bobot kotor petikemas. Mulai dari bobot barang, bobot kemasan dan bobot petikemasnya sendiri. Sehingga yang dimaksud bobot kotor petikemas adalah total bobot barang dalam petikemas dan petikemasnya sendiri. “Sehingga nanti akan diketahui tentang total bobot kotor muatan di atas kapal. Ini sangat penting untuk menjaga keselamatan angkutan laut,”

Jembatan timbang solas gewinn bisa di jadikan penimbangan container dan muatan di laut sehingga kecelakaan bias di kurangi dan keselamatan bisa di tingkatkan, jembatan timbang solas gewinn sangat cocok dalam penimbangan berat.

Bobot kotor isi masing-masing petikemas tidak sama. Bisa saja, ukuran kubikasinya besar. Tapi bobot tonasenya kecil. Makanya, dalam regulasi SOLAS yang menjadi pedoman adalah bobot kotor petikemas. Teknis pengawasannya dilakukan melalui jembatan timbang. Baik timbang petikemas domestik maupun petikemas internasional. “Kalau kelebihan bobot kotornya masih masih bisa ditoleransi, tetap dilakukan pemuatan. Tapi kalau melebihi batas maksimal, pasti dihentikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *